Latest News

Tips dan Cara Mengeluarkan Warna Asli Black Opal

Tips dan Cara Mengeluarkan Warna Asli Black Opal


Tips dan Cara Mengeluarkan Warna Asli Black Opal - Mempunyai batu black opal atau lebih dikenal Batu Akik Kalimaya berkualitas, jelas menjadi kebanggaan bagi seorang penggemar atau gemslover, tapi untuk dapat memiliki batu yang benar-benar bagus serta berkulitas tentunya ada harga lebih yang harus dikeluarkan, itupun tak sedikit karena untuk jenis black opal / Batu Akik Kalimaya terbaik dapat berharga jutaan rupiah.

Buat sebagian penggemar batu mulia, dengan mengoleksi serta memiliki berbagai jenis batu mulia adalah hal wajar termasuk memiliki jenis black opal / Batu Akik Kalimaya yang adalah batuan asli Indonesia, batu ini termasuk jenis permata yang sangat didambakan kalangan kolektor serta pencinta batu.

Namun karena harganya yang cukup mahal, tak semua orang atau penggemar dapat memiliki batu berkualitas sesuai hasrat. Maka dari itu kemudian muncul ide dan cara, agar batu opal / Batu Akik Kalimaya menjadi lebih berkualitas dengan cara melakukan treatmen agar kembang atau jarong dari dalam batu keluar kepermukaan, sebagai ciri khas batu opal berkualitas. 

Buat pemilik black opal yang telah dalam bentuk batu cincin atau masih berbentuk bahan atau bongkahan, dapat dilakukan treatmen untuk mengeluarkan warna atau jarong, namun cara ini memakan waktu cukup lama untuk mendapatkan hasil memuaskan. 

Inilah cara yang dapat dilakukan untuk Mengeluarkan Warna Asli Black Opal / Batu Akik Kalimaya :
  • Rendam batu black opal dengan air hujan, caranya masukkan batu dalam botol atau toples yang telah berisi air hujan kemudian pungkas dengan rapat.
  • Kemudian jemur botol atau toples tersebut dalam situasi tertutup.
  • Rendam batu opal dalam cairan isotonik dalam botol tertutup sebagaimana cara nomor 1.
  • Sementara cara lain melakukan pemanasan pada batu di atas bara api, caranya bungkus batu opal dengan aluminium foil lalu garang diatas bara api beberapa menit, kemudian diangkat, tapi langkah pamungkas ini tak dianjurkan kecuali untuk percobaan.

Namun cara merendam batu black opal / Batu Akik Kalimaya agar cepat jadi , seperti langkah-langkah diatas bukan jaminan akan keluar jarong black opal sesuai hasrat. Adakalanya gagal tergantung bahan baku black opal itu sendiri. Perihal terpenting adalah kesabaran serta kenali apalagi dahulu bahan black opal yang akan dilakukan treatmen.

Sementara cara ekstrem sebagaimana merendam dengan air panas serta menggarang diatas bara api tak dianjurkan kecuali memang bermaksud untuk melakukan percobaan karena bila terjadi kesalahan bukannya warna indah yang keluar namun sebaliknya.



Semoga bermanfaat




BACA JUGA:



  • Tips dan Cara Merawat Batu Bacan Agar Makin Mengkristal
  • Ini Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu
  • Tips Beli Batu Akik Puluhan Juta Agar Tak Tertipu
  • Tips dan Cara Merawat Batu Cincin Agar Cepat Tua
  • Ini Cara Perawatan Batu Permata Merah Rose
  • Tips Dan Cara Merawat Batu Spirtus Baturaja 
  • Tips dan Cara Mengkilapkan Batu Biru Langit Baturaja