Latest News

Inilah Batu Akik Bergambar Perempuan Berdoa Milik Kadir Srimulat


Inilah Batu Akik Bergambar Perempuan Berdoa Milik Kadir Srimulat - Ada satu yang menarik pada lomba batu akik “the final battle grand prix Indonesian Gemstone Seri 1″ di Balai Kartini, Jakarta, hari Sabtu malam (27/6/2015). 

Ada beberapa artis penggemar batu akik khusus ikut datang karena cinta dengan batu akik. Dimana salah satunya adalah pelawak ‘Srimulat” Kadir atau yang dikenal orang dengan sebutan Kadir Srimulat .

Sebagaimana dilansir LICOM di sela-sela acara malam final “Indonesian Gemstone Seri 1″, Kadir mengaku mempunyai beberapa jenis batu akik. Antara lain, jenis Bacan, Kalimaya, Chalcedony, Kecubung Air, Ketapang, hingga Garut Ijo Lumut. Tetapi batu yang sangat disukainya adalah batu bergambar seorang wanita sedang berdoa.

“Batu ini saya beli Rp 100ribu tahun 2014 dari seorang kuli bangunan. Batu ini juara satu pada pameran batu akik di Lokasari, Jakarta Barat bulan April 2015,” kata pria dengan logat khas Madura ini di Balai Kartini, Jakarta.

Kadir menceritakan asal muasal batu yang dibeli dari seorang kuli bangunan asal Aceh melalui saran sopir pribadinya saat akan makan siang di sebuah warung pinggir jalan. 

Kadir membayar Rp 100ribu dan ditambah lagi menjadi Rp 300ribu lantaran kasihan dengan kuli bangunan yang mengaku menjual batu lantaran belum makan, sekaligus untuk biaya baru tiba di Jakarta.

“Saya tertarik pada batu itu karena ada gambar wanita sedang berdoa yang di belakangnya ada lingkaran cahaya putih,” ujar Kadir yang mulai dikenal masyarakat saat muncul bersama pasangannya yakni Doyok di film Cintaku di Rumah Susun arahan sutradara Nyak Abbas Akub tahun 1987.

Kadir bercerita bahwa batu akik hanya sebagai hobi semata karena keindahan. “Ini hanya hobi. Batu itu seni. Dengan keindahan itu ada kecanduan. Di dalam batu itu ada semacam kepuasan batin,” ungkap Kadir didampingi Doyok sahabat sejatinya.

Lelaki kelahiran Lumajang, Jawa Timur, 3 September 1951 ini tidak menampik ada batu akik yang mempunyai manfaat supranatural seperti mengobati orang sakit, menjadi wibawa, penglaris bisnis usaha, bahkan untuk memelet seseorang.

“Saya orang yang percaya, tapi tidak melakukan hal itu. Kenapa jadi gaib karena ada isinya. Batu atau cincin itu menjadi rumah atau media bagi khodam jin yang mendiaminya. Makanan jin itu asap seperti Kemenyan, Hio, dan lain-lain,” kata Kadir.[lensaIndonesia]

BACA JUGA: