Latest News

Luar Biasa..Ada Batu Akik Berlafadz "Allah" & "Muhammad" di Bukittinggi


Batu Akik - Diketahui wilayah Sumatera Barat dikenal sebagai daerah yang banyak memiliki kekayaan batu akik, walau begitu beda dengan milik kolektor batu akik Yuyatno (38), warga Jalan By Pass, Mandiangin, Kota Bukittinggi.

Karna batu miliknya ini berwana coklat tua namun di bagian luarnya ada tiga tulisan Arab berlafadz 'Allah' dan satu baris bertuliskan 'Muhammad'. Bahkan di sisinya atau di bagian bawahnya terbaca 'Bismi' dan 'Rahim'.

Menurut Yuyatno, bahwa asal batu akik ini dari seorang ibu pada bulan Juni lalu yang mencari lokan di sawah, di antara lokan yang didapati itu ada sebuah batu menyerupai lokan.

“Setelah dicuci ibu ternyata batu ini bermotif tulisan arab berlafadz 'Allah', tak hanya itu saja ada juga tulisan nabi 'Muhammad', 'Bismi' dan 'Rahim',” katanya, Sabtu (13/6/2015).

Informasi penemuan batu akik langka tersebut didapat Yatno panggilan akrab Yuyatno dari iparnya, lantaran penasaran dia langsung menemui pemiliknya. “Saat saya pegang batu itu bulu kuduk saya merinding, sebab batu itu memang sempurna,” ujarnya.

Akhirnya, dia pun memutuskan untuk membeli batu itu kepada seorang ibu yang tidak mau disebutkan namanya termasuk harga dari batu itu. Saat dia kembali ke Bukittinggi, Yatno merasa bahagia sekali mendapatkan batu tersebut.

“Perasaan saya tenang bahagia nyaman saja, yang saya senang itu motifnya semua bertulisan Arab, dan itu ada lafadz 'Allah-nya bukan cuma satu, di atas ada lafadz 'Allah' yang di bawahnya juga ada lafadz 'Allah', kalau kita balik ke belakang tulisan arabnya bisa dibaca 'bismillahirrahmanirrahim', semua persis seperti lokan,” beber Yatno.

“Rencananya kita akan mengikuti kontes batu akik di Jakarta dalam Kontes Batu Akik The Final Battle Super Champion Grand Prix Indonesia Gemstone,” timpalnya lagi.

Mengikuti kontes itu kata Yatno, merupakan undangan tersendiri setelah dia mendapat juara satu kategori unik dan langka pada kontes batu akik Jam Gadang gemstone Bukittingi. “Dari kontes itu kita diundang untuk ikut kontes di Jakarta,” pungkasnya.[okezone]

BACA JUGA: