Latest News

Pecinta Buat Emban Batu Akik dari Batok Kelapa

Pecinta Buat Emban Batu Akik dari Batok Kelapa

Batu Akik - Ada seorang warga di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, berkreasi membuat emban atau tali pembebat cincin batu akik dari batok atau tempurung kelapa. Kini emban batu akik itu banyak diminati pencinta batu akik.

Adalah Sugeng Riyadi perajin emban cincin akik dari batok kelapa , warga Kelurahan Tawanganom, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Karena dinilai unik, hasil kerajinannya banyak dipesan.

“Alhamdulillah, banyak pesanan. Kebetulan saya memang pencinta batu akik,” katanya beberapa waktu lalu.

Ide kreatif membuat emban cincin akik dari batok kelapa itu berawal dari dirinya yang tidak suka dengan emban cincin akik dari logam seperti biasanya.

“Dari situ saya berpikir, kira-kira bahan apa yang bisa diubah menjadi emban cincin. Pilihan saya jatuh pada batok atau tempurung buah kelapa,” papar Sugeng.

Untuk membuat emban seperti itu, dibutuhkan batok kelapa yang berkualitas bagus. Dimana batok-batok itu diperoleh Sugeng dari para penjual kelapa muda di pasar.

Sebagai catatan bahwa diperlukan dua hingga tiga batok kelapa untuk membuatnya, sehingga emban akik batok kelapa Magetan itu cukup tebal untuk dilubangi sesuai ukuran jari pemesan.

Setelah itu diamplas hingga halus dan dicat mengkilap. Untuk pemasarannya, dihargai Rp50 ribu per unit.[okezone]

BACA JUGA: