Latest News

Garut Akan Hadirkan Desa Wisata Batu Akik

Garut Akan Hadirkan Desa Wisata Batu Akik

Batu Akik - Kota Garut, Jawa Barat mendukung hadirnya desa wisata batu akik di Paguyuban Seni Pahat Patung Batu Akik Rumaos Janten Kwula (RJK), Kecamatan Bayongbong, Garut, Jawa Barat. Seperti apakah?

"Kami juga mendorong ini (batu akik) bukan hanya industri kreatif namun jadi desa wisata di Garut," jelasWakil Bupati Garut Helmy Budiman di Garut, sebagaimana dilansir Inilah.com Hari Kamis (01/10/2015).

Dia menjelaskan kelompok masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Seni Pahat Patung Batu Akik RJK sudah memperlihatkan karya nyata menjadikan arca dari batu akik yang menarik serta berdaya jual seni tinggi. Baginya, karya yang dihasilkannya adalah karya luar biasa memiliki potensi mendorong industri kreatif berbasis pemberdayaan masyarakat.

"Ini adalah sebuah karya luar biasa, fenomenal di Garut, oleh karena itu kami ingin mendorong sebuah industri kreatif yang berbasis pemberdayaan masyarakat," katanya.

Usaha mendorong menjadi desa wisata itu, ujar Helmy, pemerintah diminta membantu pengadaan alat canggih untuk memoles serta mengukir batu yang lebih baik. Sedangkan dari segi tempat, ujar ia, telah cukup ideal dengan keadaan alam yang indah serta tak jauh dari pusat kota Garut.

"Desa wisata ini nantinya supaya wisatawan-wisawatan ke Garut banyak pilihan," katanya.

Dia menambahkan, harapan kedepannya desa wisata tersebut memperlihatkan adanya kreativitas budaya Garut ke tingkat nasional maupun internasional.

"Menjadi momentum mempromosikan Garut sebagai sentra industri batu tingkat internasional," ucapnyaa.

Ketua Paguyuban Seni Pahat Patung Batu Akik RJK Kabupaten Garut KRT Nurseno Utomo menambahkan dengan berujar, "Batu akik sebuah ikon yang menjadi eforia di negeri ini, sehingga kami harap ini tak cepat redup, harus ada karya nyata."