Latest News

Batu Akik Jenis Sisik Naga Ini Dijadikan Patung




Batu Akik -Ada saja kreasi pencinta Batu Akik, khususnya jenis sisik naga (Septarian noudles), di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, para pengrajin melakukan inovasi. Karna tidak hanya membuat batu akik untuk cincin dan liontin (kalung), namunpara stoner di kota yang bertajuk "Bandar Madani" ini membuat patung hewan dari bongkahan batu sisik naga.


Dimana patung dari batu akik sisik naga ini hanya bisa ditemui di jajaran pusat batu akik di Jalan Veteran, Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, tepatnya di emperan milik Haji Faizal. Ada beragam batu akik sisik naga berbentuk patung hewan, mirip ular piton, sanca, kura-kura, anjing, serta hewan lainnya.

“Corak khas batu akik sisik naga sangat cocok dijadikan miniatur binatang. Sangat cocok untuk hiasan di ruang tamu," papar Haji Faizal, sebagaimana dikutip Kompas Sabtu (14/3/2015).

Haji Faizal berujar, ide ini awalnya timbul dari seorang wartawan di kota ini yang memberikan ide.

"Ide mengolah batu akik menjadi hiasan seperti bentuk hewan dan perabot rumah seperi piring dan gelas dari seorang jurnalis di Kota Parepare yang memberi ide awal," terang Faizal.

Haji Faizal membanderol Batu akik yang didesain mirip hewan ini dengan harga murah. Contohnya saja, batu akik mirip ular piton dengan ukuran besar, sekitar 50 sentimeter dengan berat 3 kilogram, dibanderol dengan harga Rp 15 juta, sedangkan yang ukuran sedang Rp 4 juta dan replika hewan ukuran kecil dibanderol hanya dengan harga Rp 1 juta.


"Dibanding beli batu akik sisik naga untuk cincin atau kalung, seharga Rp 1 juta, batu akik model hewan ini besarnya 30 kali lipat dibanding untuk cincin, murahkan," ujar Haji Faizal.


Sedangkan Andri, pencinta batu akik Kota Parepare, mengaku kagum melihat kreativitas para perajin batu akik di Jalan Veteran ini.

"Wah, mereka kreatif. Model seperti ini pasti akan laris. Saya akan membeli bentuk ular untuk hiasan di meja kerja saya," terang Andri.

Jadi bila Anda ke Kota Parepare, maka tidak ada salahnya menyempatkan diri ke pusat penjualan batu akik di Jalan Veteran, Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung.[kmps]

BACA JUGA: