Latest News

Tips Beli Batu Akik Puluhan Juta Agar Tak Tertipu




Batu Akik - Demam batu akik saat ini menjadi salah satu jenis perhiasan yang tengah digandrungi di Indonesia. Dimana perhiasan yang hampir sebagian besar diincar oleh kaum pria ini memang sangat banyak jenis dan warnanya. Jangan tanya soal harganya? mulai ratusan ribu hingga puluhan juta Rupiah.

Kini banyak beredar produk batu cincin palsu di pasaran. Maka agar tak tertipu, anda sebagai konsumen harus jeli membedakan antara batu cincin yang asli dengan yang abal-abal.

"Batu cincin itu banyak jenisnya. Misalnya, jenis bacan. Kalau untuk membedakan mana yang asli atau palsu bisa dilihat dari serat-serat yang ada di dalam batu tersebut," papar salah seorang pedagang batu cincin di Pasar Rawa Bening, Deni, sebagaimana dikutip Okezone.

Menurut Deni, semakin mahal sebuah batu cincin, bisa dilihat dari kilaunya dan kehalusan memolesnya.


Tips Beli Batu Akik Puluhan Juta Agar Tak Tertipu

"Saya di sini ada menjual batu cincin jenis bacan seharga Rp75 juta. Bisa dibandingkan dengan batu cincin yang abal-abal beda sekali kualitasnya," tambahnya.

Selain itu batu-batu yang memiliki gambar khusus di dalamnya, ada trik lain agar pembeli tidak tertipu. Dimana biasanya ada pedagang nakal yang membuat sendiri gambar dalam batu cincin tersebut seperti terlihat seolah-olah alami.

"Jika memang alami, itu gambar di dalam batu biasanya nyata sampai ke bagian permukaan bawah batu cincin. Kalau enggak bisa saja itu bikinan," papar Deni.

Deni mengatakan, saat ini banyak sekali jenis batu cincin yang ada di Indonesia. Ada yang berasal dari dalam negeri seperti dari Garut, Sungai Dareh, Aceh, Bengkulu, NTB. Bahkan, Deni mengaku juga berburu batu cincin ini hingga Afrika.

"Batunya lebih bagus dan lebih unik. Dan, juga banyak yang cari," terangnya.

Sementara itu, untuk ekspor sendiri, dirinya mengaku belum pernah mengekspor batu cincinnya ke luar negeri. Hal ini karena ia kewalahan memenuhi permintaan pasar yang tinggi.

"Kita enggak ada ekspor, karena di dalam negeri saja yang cari sudah banyak sekali, " tutup dia.[ay]


BACA JUGA :