Latest News

Pulang Kampung ke Pacitan, SBY Borong Batu Akik




Batu Akik - Saat pulang kampung ke Pacitan, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono memborong Batu Akik yang dipamerkan di pendopo pemerintah kabupaten setempat. Pada Hari Rabu (11/3), eks presiden ini memborong 28 buah perhiasan yang sedang booming itu.


Pak SBY membeli dari sejumlah perajin yang membuka lapak di lokasi kunjungan ini dengan harga sekitar Rp 10 juta. Tak hanya cincin, batu alam yang dibeli SBY, Ani Yudhoyono, dan Edhie Baskoro Yudhoyono juga berupa kalung, liontin, dan bros. Dan berdasarkan informasi dari sejumlah perajin, jenis batu yang terjual adalah mayoritas berjenis kalsedon.


"Karena jenis ini banyak ditemukan di Pacitan," papar Rahmat Aris,38 tahun, perajin sekaligus penjual batu akik asal Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan sebagaimana dilansir KOMPAS.

Tetapi SBY dan keluarganya juga membeli beberapa perhiasan berbahan batu alam jenis agate, jesper, dan drusi.


Bagi Rahmat pembelian yang dilakukan SBY ini diharapkan mampu meningkatkan tren perhiasan dari batu alam jenis lain yang ada di Pacitan. "Lebih terangkat lagi, jangan hanya kalsedon," ujar Rahmat.

Sedangkan perajin lain, Rahmat Agung, berujar hal senada. Baginya, kunjungan SBY ke Pacitan dengan salah satu agendanya melihat dan membeli batu akik mampu meningkatkan tren produk ini.


"Kalau batu akik Pacitan dipakai oleh tokoh nasional tentu trennya akan naik," paparnya.

Tak hanya melihat batu akik yang dipamerkan di pendapo, SBY dan rombongan direncanakan mendatangi tempat usaha milik Parjianto, perajin batu alam di depan Gua Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Hari Kamis, 12 Maret 2015. Hasil produksi Parjianto sudah menembus pasar luar negeri semenjak beberapa tahun lalu melalui pengusaha dari Bali.

SBY mulai kunjungannya ke Pacitan semenjak Hari Selasa kemarin dan dijadwalkan kembali ke Jakarta Hari Kamis besok. Ditempat kelahirannya, SBY sudah menjalankan beberapa kegiatan di antaranya berziarah ke makam R. Soekotjo, almarhum ayahnya di Taman Makam Pahlawan Bunga Bangsa.


Selain itu, SBY juga berkunjung ke tempatnya belajar ketika masih remaja, yaitu Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pacitan. [ay]


BACA JUGA :