Latest News

Wow...Batu Akik Bermotif "Nyi Roro Kidul" Hebohkan Warga Sukabumi


Batu Akik – Ada sebuah batu akik bermotif mirip wanita berambut panjang gegerkan warga Cijangkar, Kelurahan Nangleng, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Kini banyak warga yang berdatangan karena penasaran untuk melihat batu akik milik seorang pimpinan pondok pesantren anak yatim piatu ini.

Bila diperhatikan dengan seksama, maka batu tersebut menunjukkan penampakan sosok legenda Ratu Pantai Selatan, yakni Nyi Roro Kidul. Sang pemilik batu, Ayi Suryadi mengaku bakal menjual batu tersebut guna membangun pondok pesantren miliknya.

Diketahui Batu Alam berwarna krem dengan kombinasi merah ini memang sangat mirip dengan lukisan Nyi Roro Kidul yang banyak beredar di masyarakat. Dimana sosok wanita anggun itu mengenakan kemben khas Jawa era kerajaan kuno terdahulu.

Bahkan, ada sejumlah warga yang datang sangat terkejut saat melihat langsung batu milik Ayi. Banyak para pengunjung tidak hanya orang dewasa, tetapi orangtua hingga anak-anak juga saling berebut untuk sekadar melepas rasa penasarannya.


Ayi, si pemilik batu mengatakan, bahwa Batu Akik Bermotif "Nyi Roro Kidul" Hebohkan Warga Sukabumi itu didapat berawal saat dirinya memesan beberapa batu dalam jumlah kodi di kawasan Jampang, Kabupaten Sukabumi untuk oleh-oleh yang akan dibawa ke beberapa saudara di Jakarta.

Usai melihat batunya satu persatu, betapa kagetnya Ayi saat melihat batu bermotif wanita berambut panjang mirip Nyi Roro Kidul.

Telah ada beberapa orang yang menawar batunya tersebut, sampai jutaan rupiah namun Ayi belum mau melepasnya. Diketahui Sukabumi selama ini memang dikenal sebagai sentra pengrajin batu akik dalam sejarah Indonesia.

Ada beberapa wilayah di Sukabumi seperti Sukaraja, Pabuaran, Sagaranten hingga Jampang Tengah sudah dikenal menjadi pusat batu akik sekaligus para pengrajin secara turun temurun. [okz]

BACA JUGA: