Latest News

Batu Akik "PERSIB" Akan Diberikan Ke 109 Kepala Negara di Konferensi Asia Afrika

 

Batu Akik - Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandung Herlan J.S. berujar cendera mata batu akik yang akan diberikan kepada 109 kepala negara dalam Konferensi Asia Afrika kini telah siap produksi. Herlan berujar, bila dinominalkan, harga satu cincin batu akik dibanderol Rp 1 juta.

Setiap kepala negara yang hadir akan menerima sepasang cincin batu akik untuk suami atau istri kepala negara.


“Kalau untuk yang wanita, harganya sedikit lebih murah dari itu,” kata Herlan ketika sebagaimana dilansir Tempo Hari Senin, 30 Maret 2015. Adapun panitia penyelenggara KAA kini sudah mengundang 109 kepala negara.

Pemkot Bandung mesti menyiapkan Rp 218 juta untuk pengadaan cincin batu mulia itu. Herlan menjelaskan biaya produksi serta batu bersumber dari hibah relawan KAA. “Biar enggak buang-buang uang, produksi batu akik akan kami sesuaikan dengan jumlah kepala negara yang hadir,” ujar Herlan.


Sebelumnya, Ridwan Kamil Wali Kota Bandung berujar jenis batu akik yang akan diberikan kepada 109 tamu Konferensi Asia Afrika ke-60 di Bandung berjenis Baturaja. Baru berwarna biru ini dipilih agar sesuai dengan warna khas kesebelasan Persib Bandung.

“Yang buatnya orang Bandung asli, warnanya warna Persib,” ujar Ridwan ketika ditemui di mal Paris Van Java di Jalan Sukajadi, Bandung, Jumat, 20 Maret 2015.

Ridwan berujar ia akan memberikan sepasang batu akik jenis Baturaja untuk setiap kepala negara. Sepasang batu akik itu, ujar Ridwan, ditujukan untuk kepala negara serta pasangannya.

Ridwan menjelaskan desain ikat batu akik tersebut dibuatnya sendiri. Ikat berbahan perak akan diberi tema tumpukan segitiga di sekelilingnya. Pada kedua sisi ikat itu akan dibubuhi nama “Asia” serta “Afrika”. Tak hanya itu, ia pun membubuhkan nama “Bandung 2015” pada bagian bawah ikat.

Cendera mata itu akan dimasukkan ke dalam koper kecil sebesar kotak kosmetik yang dibuat di Bandung. Lainnya cincin batu akik, Ridwan akan memasukkan batik khas Bandung, wadah buku, serta surat wali kota. [tempo]



BACA JUGA :