Latest News

Tips dan Cara Mengkilapkan dan Merawat Batu Spirtus Baturaja


Batu Akik - Gambar diatas adalah batu biru langit atau batu spirtus yang berasal dari daerah Baturaja, Sumatera Selatan. Sekarang kami sengaja berbagi kepada anda para penggemar batu, dengan tujuan untuk lebih menambah wawasan tentang batu permata indonesia.

Dimana jenis Batu ini banyak diburu serta dimiliki oleh kolektor baik dari dalam maupun luar negeri. Karna harga dari batu spirtus ini pun mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah untuk yang berkualitas baik, sementara untuk yang berkualitas sedang harganya dapat mencapai 1-2 juta rupiah.

Ada seorang kolektor dari Jakarta menawarkan batu spirtus pada pameran batu permata dicaracas Jakarta Timur seharga 250 juta, namun sayangnya para penawar lelang batu tersebut hanya berkisar antara 100-150 juta rupiah saja.

Bisa dikatakan kualitas batu dari daerah Baturaja tersebut dapat dibilang baik, sebab memiliki kekerasan 7 mohs. Lainnya batu spirtus atau biru langit masih banyak batu lainnya yang tidak kalah bagusnya contohnya batu lavender, sunkis, akik darah, akik lumut, giok, sulaiman serta lain sebagainya.

Tips dan Cara Mengkilapkan serta Merawat Batu Biru Langit

  • Dipakai setiap hari, bagi sumber yang terpercaya memakai batu cincin setiap hari dapat menjadikan batu semakin bagus (tua) serta cepat mengeluarkan warna aslinya. 
  • Bersihkan dengan berkala menggunakan cairan pembersih ringan sebagaimana sabun. 
  • Oleskan baby oil atau minyak zaitun untuk menjadikan warna semakin menarik.
  • Untuk mengkilapkan batu gunakan kertas intan atau kulit.
  • Saat tak dipakai, jangan letakkan batu didekat alat kosmetik yang banyak mengandung zat kimia.
Karna betapapun mahalnya batu sobat semua apabila tak dirawat dengan baik aku jamin batu tersebut tak akan menjadi bagus malahan rusak serta menjadikan harga jual kembali menjadi turun.

Dan sebagai contoh seorang teman membeli batu bacan seharga 4 juta batu tersebut tak dirawat dengan baik, sebulan kemudian batu bacannya menjadi buram serta harga jual turun menjadi 1 juta.


Maka kiranya contoh diatas dapat menjadi pencerahan buat para sobat para pecinta batu permata semua bahwa sangat penting tahu tentang Tips dan Cara Mengkilapkan serta Merawat Batu Spirtus Baturaja.

 BACA JUGA :