Latest News

Tips dan Cara Merawat Batu Bacan Agar Makin Mengkristal


Batu Akik - Tips dan Cara Merawat Batu Bacan Agar Makin Mengkristal - Ada salah satu ciri batu bacan yang bagus serta asli, terlihat berkristal secara sempurna, bening serta mengkilap termasuk tak mempunyai banyak bercak didalamnya.

Tapi untuk corak yang sebagaimana itu telah bisa dipastikan harganya sangat tinggi. Kebanyakan penggemar pemula yang masih ogah merogoh kocek yang dalam, biasanya lebih memilih jenis bacan yang agak muda dengan ciri warna gelap atau tak bening serta tampak keputihan.
 

Batu bacan semacam itu dikarenakan batu masih muda serta masih banyak menyimpan zat kapur didalamnya. Namun karena tingginya permintaan serta banyaknya peminat, menjadikan harga batu asal Halmahera itu terus mengalami kenaikan sehingga batu yang masih belum mengkristal pun dapat laku dipasaran dengan harga yang lebih terjangkau.

Lalu bagi mereka yang telah berpengalaman mentreatment batu permata sebagaimana batu bacan yang masih muda agar cepat kristal dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagaimana mengangkat zat kapur yang ada didalamnya dengan cara merendam batu. Hanya saja bagi yang belum berpengalaman dapat saja gagal malahan dapat mengakibatkan kerusakan pada batu.

Inilah Tips dan Cara Merawat Batu Bacan Agar Makin Mengkristal

  • Selalu meluangkan waktu untuk membersihkan batu dengan air yang telah dicampur dengan sabun. Gosok batu secara berlahan menggunakan kain lembut untuk menghindari terjadinya goresan terlbih bila lap kain yang digunakan kotor. 
  • Hindari dari benturan keras dengan benda lain baik ketika bekerja atau melakukan aktivitas lain. Perihal itu untuk menjaga batu agar tak tergores atau meninggalkan bekas goresan benda lain pada permukaan.
  • Jangan dibawa tidur. Sebaiknya bila hendak tidur lepaskan saja serta letakkan ditempat yang terbuka agar terkena angin.
  • Bila batu sedang tak dipakai jangan menyimpan di tempat tertutup sebagaimana dalam kotak, khususnya untuk batu bacan yang masih dalam proses kristal. Perihal itu diperlukan untuk membantu batu berproses secara alami alami lebih mengkristal.
  • Mengkilapkan batu dengan cara mengoles batu dengan minyak zaitun atau minyak angin serta baby oil agar batu dapat lebih berkilau. Tapi yang paling mudah serta aman cukup dengan menggosok-gosokkan pada kain kering
Tapi beberapa hal yang harus diperhatikan seblum melakukan banyak hal khususnya dalam hal perawatan serta treatment terhadap batu bacan yang anda miliki sebaiknya pikirkan apalagi dahulu, Apa hal itu telah benar dilakukan.
 

Sebaiknya jangan melakukan hal-hal aneh, apalagi bila batu telah mengkristal karena jka terjadi kesalahan, bukannya batu menjadi labih bagus justru dapat berubah menjadi hangus atau rusak.

BACA JUGA