Latest News

Ini Daerah Penghasil Batu Akik Terbaik di Indonesia


Batu Akik - Ini Daerah Penghasil Batu Akik Terbaik di Indonesia - Akhir-akhir ini demam Batu Akik sedang melanda masyarakat kita dan menciptakan harga batu akik terus melambung hingga mengalahkan harga emas sekalipun. Ini bukan tak dengan alasan, ada sejumlah type batu akik jadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Sebagamana dilansir tabloidgemstone bahwa persebaran batuan serta mineral di suatu cakupan wilayah tak ada yang merata. Ini disebabkan oleh bebrapa faktor, salah satu faktor yang sangat mendominasi yakni proses yang menyebabkan terjadinya batuan serta mineral tersebut. 

Proses terjadinya batuan sangat berhubungan dengan proses geologi wilayah tersebut. Perihal ini menyebabkan proses geologi serta persebaran mineral sangat berkaitan serta tak bias dipisahkan.

Berikut ini daerah-aaerah penghasil Batu AkikTerbaik di Indonesia yang dahulu pernah meredup kini ini jadi hidup kembali. Dimana penduduk penggila batu akik berduyung-duyung mendatangi kota-kota di Indonesia penghasil akik berkelas.

Berikut Daerah-Daerah Penghasil Batu Akik Terbaik di Indonesia:

1. Solok Selatan, Sumatera Barat

Wilayah Sumatera Barat benar-benar populer yang adalah penghasil batu berkwalitas. Salah satunya, Batu Idocrase Sungai Dareh. Kategori batu permata yg kini ini mendunia itu datang dari ruangan terpencil di Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Kab Solok Selatan. 

Batu Idocrase Sungai Dareh memiliki ciri berwarna hijau terang dgn motif totol lumut di dalam batunya. Ketenaran batu original Sumatera Barat ini makin memuncak selagi tersiar kabar bahwa batu tersebut serta dikenakan oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Batu Akik Termahal

2. Pacitan, Jawa Timur

Penemuan batu mulia type kalsedon menciptakan Kab Pacitan yg berada di ujung barat Jawa Timur ini menyedot wisatawan datang. Batu kalsedon sejatinya tak sedikit dihasilkan di Jawa Barat & Sulawesi Tenggara, namun penemuan batu tipe ini di Pacitan pernah menghebohkan lantaran kualitasnya yg dianggap amat sangat baik. 

Batu kategori ini memiliki bermacam macam warna semenjak mulai dari merah, kuning, biru, hingga jingga, tapi yg penting yaitu hijau. Di Pacitan sendiri batu kalsedon paling tak sedikit ditemukan berwarna putih sampai abu-abu, biru-keabu-abuan & coklat terang sampai coklat gelap.

3. Pulau Kasiruta, Maluku Utara

Salah satu type batu akik yg paling tak sedikit digandrungi para kolektor dikala ini adalah batu bacan. Namun dari mana asal batu ini? Tak Sedikit orang salah mengartikan bahwa batu mulia ini berasal dari Pulau Bacan, walaupun sejatinya pulau penghasil batu bacan yaitu pulau Kasiruta, Maluku Utara. Penasbihan nama batu bacan sendiri diawali dari area mula-mula kali batu type ini diperjualbelikan yaitu di pulau Bacan.

4. Tanjung Bintang, Lampung Selatan

Batu akik bungur Tanjung Bintang adalah salah satu batu mulia yg paling tak sedikit diburu oleh para kolektor. Beritanya batu bungur di salah satu Kab Lampung Selatan ini memiliki mutu nomor wahid didunia. 

Ciri khas batu akik bungur Tanjung Bintang yakni warnanya yg ungu bening sehingga tak jarang batu akik ini dinamakan pun dgn Kecubung Bungur.

5. Kebumen, Jateng

Para penggemar batu akik kini ini sedang gencar memburu batu di Kecamatan Karanggayam Kab Kebumen, Jawa Tengah. Yg menyebabkan nama daerah tersebut naik daun yakni fenomena batu akik badar besi yg memiliki kandungan besi maka mampu menempel terhadap magnet jikalau didekatkan. Malahan sekian banyak kasus batu ini mengandung magnet yg akan menarik besi. Type batu akik ini jadi salah satu yg paling tak sedikit diburu para kolektor.

Demikian informasi mengenai Daerah-Daerah Penghasil Batu Akik di Indonesia. Semoga tulisan singkat ini bisa menambah pengetahuan serta wawasan kita, kita patut menjaga serta melestarikan dengan cara mempunyai serta menggunakannya dengan penuh rasa bangga.

BACA JUGA: