Latest News

Pak Menteri Jajal Batu Akik Kepala Banteng Seharga Rp 1 Miliar


Batu Akik - Tren batu mulia yang lagi hangat di tengah masyarakat Indonesia memperoleh perhatian dari menteri Kabinet Kerja. Malahan, Kementerian Perindustrian menggelar pameran batu mulia bertema, "Demam Batu" di lobi gedung Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Hari Senin (21/4/2015).

Pameran kerajinan ini dibuka langsung oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Sri Agustina, serta Dirjen Industri Kecil Menengah Kemenperin Euis Saedah. Pameran ini dihelat hingga Jumat (24/4/2015) yang akan datang.


"Pameran ini terbuka untuk umum. Yang mau beli, mari belanja. Yang kolektor, ayo perbanyak koleksi. Yang pedagang, semoga laris manis," kata Saleh berpromosi.

Selepas meresmikan pembukaan pameran, Menperin menyambangi beberapa stan pameran, salah satunya, asal Bantul, DI Yogyakarta. Di tempat ini, Menperin mencoba batu akik yang dibanderol miliaran rupiah.

"Ini bergambar kepala banteng. Katanya penjualnya, harganya Rp 1 miliar," ujar Saleh sambil mencoba cincin batu mulia itu ke jarinya.

Bagi pemilik stan, Agung Setiawan, batu yang dicoba Saleh adalah jenis Chalcedony.

Sedangkan Sri Agustina yang mendampingi Saleh juga mencoba cicin akik lainnya. "Yang dikenakan Bu Dirjen itu gambarnya huruf J, cocok dengan huruf depan Presiden RI. Dua-duanya jenis batu chalcedony," kata Agung.

Walau memperhatikan tren batu mulia yang lagi tren kini ini, Saleh Husin akui tak mengoleksi batu mulia secara khusus. "Kolektor sih enggak, namun sering bisa dari pemberian teman-teman," tukasnya.

Berbagai jenis bebatuan mulian dipamerakan di acara ini, mulai dari bacan, saphire, rubi, kalimaya, akik, sampai kecubung. Juga diselenggarakan Talkshow dengan beberapa narasumber, sebagaimana geologis dari ITB Sudjatmiko, budayawan Betawi Ridwan Saidi, serta desainer batu mulia Yana dari Bandung, Jawa Barat.[kompas]

BACA JUGA: